PENGENALAN GLUT
GLUT (OpenGL Utility Toolkit)
Dikembangkan oleh Mark Kilgard. GLUT merupakan pengembangan dari OpenGL dimana memiliki keunggulan sebagai berikut: - Mudah, portable window manager, menggunakan callback functions untuk menambahkan interaksi dari user. - Didesain untuk aplikasi dengan level kecil hingga menengah. - Distribusi library bebas tetapi tidak open source.
Pemrograman berbasis event
GLUT pada dasarnya dibangun untuk menciptakan aplikasi grafis menggunakan pemrograman yang bersifat prosedural. Di dalamnya terdapat fungsi main loop yang diatur oleh GLUT dan looping yang terjadi dalam aplikasi bertujuan untuk penanganan fungsi-fungsi callback sebagai input dari user seperti fungsi redraw, mouse, keyboard, joystick, dll.
Pemasangan Glut Pada CodeBlocks
- Copy glut32.dll ke c:\windows\system,
- Copy glut32.lib ke c:\program files\mingw\lib, dan
- Copy glut.h ke c:\program files\mingw\include\GL.
- Kemudian menekan tombol Next lalu mengarahkan lokasi glut ke folder installan codeblocks kemudian memilih folder MinGw
- Kemudian centang pada bagian debug dan release lalu klik finish
- Mencoba menjalankan program dengan kode program sebagai berikut:
#include <stdlib.h> #include <GL/glut.h> void renderScene (void) { } int main(int argc, char
**argv){ glutInit(&argc, argv); glutInitDisplayMode (GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA); glutInitWindowPosition(100,100); glutInitWindowSize(320,320); glutCreateWindow("GLUT : Ririn Rahmayanti "); glutDisplayFunc (renderScene); glutMainLoop(); return 0; } |
Screenshot Output :
No comments:
Post a Comment